Pegas pada Kendaraan Bermotor dari Masa ke Masa
Suspensi
1. Penemu Suspensi
Suspensi berawal dari ide
sederhana, yaitu menggabungkan kemampuan beragam per dalam satu rumah. Tanpa
sistem suspensi di mobil, energi tumbukan antara roda dengan permukaan jalan
akan diteruskan sepenuhnya ke seluruh struktur kendaraan. Bahkan ke tulang
belakang penumpang. Kendaraan pun akan cenderung tetap bergerak lurus meski
setir dibelokkan.
Efek tak menyenangkan itu
dapat diminimalkan dengan ditambahkannya per dan peredam kejut. Sayangnya, tingkat
kekerasan kedua komponen ini cenderung tetap, jadi sulit untuk dapat setingan
pas untuk beragam kondisi jalan. Suspensi empuk nyaman di lintasan lurus, tapi
bodi mobil jadi limbung saat melintasi jalan bergelombang atau ketika menikung.
Sebaliknya, suspensi keras membuat kendaraan lebih stabil, tapi mengurangi
kenyamanan penumpang. Memang ada per dan peredam kejut adjustable, tapi
penyetelannya tak dapat dilakukan saat mobil berjalan
Di sinilah sejarah air
suspension tercipta. William Humphreys pada tahun 1901 memberi solusi efektif
dengan menciptakan sistem suspensi udara yang idenya ia dipatenkan. Prinsip
sistem suspensi ini adalah menggantikan per baja dengan bantalan udara, yang
dapat diatur tingkat kekerasannya secara fleksibel sambil berjalan.
Fleksibilitas membuat dua
karakter suspensi yang sebelumnya saling bertolak belakang bisa akur dalam satu
rumah. Suspensi udara juga memungkinkan mobil punya kemampuan auto levelling.
Di mana bodi relatif tetap rata, saat kaki-kaki berjuang keras mengikuti kontur
jalan. Bodi kendaraan juga tak mendongak saat bagian belakang mengangkut muatan
ekstra.
Secara sederhana, per udara
ini ibarat per sapu jagat yang menggabungkan kemampuan per konvensional dari
tingkat sangat keras, hingga sangat lembut dalam satu paket.
Sejarah air suspension di
tahun 1952, Citröen memperkenalkan sistem suspensi hidropneumatik. Sistem ini
pada prinsipnya serupa dengan suspensi udara namun tak menggunakan bantalan
karet berisi udara sebagai per. Sistem hidropneumatik dilengkapi hydractive
sphere dengan bentuk seperti bola, yang di dalamnya separuh berisi gas nitrogen
dan setengahnya lagi berisi oli hidrolik.Berbeda dengan suspensi udara biasa
yang menggunakan kompresor udara bertenaga listrik, Citröen menggunakan pompa
hidrolik terhubung dengan sabuk ke puli mesin untuk mengatur ketinggian
kendaraan.
2. Jenis-jenis suspensi mobil
Suspensi MacPherson Strut
Suspensi Double Wishbone
Suspensi Multi-Link
Sepeda motor memiliki sejarah yang
sangat panjang di negeri ini. Sepeda motor bahkan sudah hadir sejak negara ini
masih berada di bawah pendudukan Belanda dan masih bernama Hindia Belanda,
Nederlands Indie.
Data yang ada menyebutkan, sepeda
motor hadir di Indonesia sejak tahun 1893 atau 115 tahun yang lalu. Walaupun
pada saat itu negara ini masih berada di bawah pendudukan Belanda, akan tetapi
orang pertama yang memiliki sepeda motor di negeri ini bukan orang Belanda,
melainkan orang Inggris. Orang tersebut
adalah John C Potter, yang sehari-hari bekerja sebagai Masinis Pertama di
pabrik gula Oemboel (baca Umbul) Probolinggo, Jawa Timur.
Dalam buku “Kreta Setan” (de
duivelswagen) dikisahkan bagaimana John C Potter memesan sendiri sepeda motor
itu ke pabriknya, Hildebrand und Wolfmüller, di Muenchen, Jerman. Sepeda motor
itu didatangkan pada tahun 1893, satu tahun sebelum mobil pertama tiba di
negara ini. hal ini membuat John C
Potter menjadi orang pertama di negeri ini yang menggunakan kendaraan bermotor.
Sepeda motor buatan Hildebrand und Wolfmüller itu belum menggunakan rantai,
roda belakang digerakkan secara langsung oleh kruk as (crankshaft). Sepeda
motor itu belum dilengkapi persnelingnya, belum memakai magnet, aki
(accu), koil, dan kabel-kabel listrik.
Sepeda motor itu menyandang mesin
dua silinder horizontal yang menggunakan bahan bakar bensin atau nafta.
Diperlukan waktu sekitar 20 menit untuk menghidupkan dan mestabilkan mesinnya.
Pada tahun 1932, sepeda motor ini ditemukan dalam keadaan rusak di garasi di
kediaman John C Potter. Sepeda motor itu teronggok selama 40 tahun di pojokan
garasi dalam keadaan tidak terawat dan berkarat. Atas bantuan montir-montir
marinir di Surabaya, sepeda motor milik John C Potter itu direstorasi
(diperbaiki seperti semula) dan disimpan di kantor redaksi mingguan De Motor.
Kemudian sepeda motor antik itu
diboyong ke museum lalu lintas di Surabaya, yang kini tidak diketahui lagi di
mana lokasinya. Merek-merek sepeda motor yang hadir di negeri ini dapat dilihat
dari iklan-iklan sepeda motor yang dimuat di surat kabar pada kurun waktu dari
tahun 1916 sampai 1926. Pada masa itu, di negeri ini juga hadir sepeda motor
listrik beroda tiga yang menggunakan tenaga baterai, yang bernama De Dion
Bouton Tricycle buatan Perancis. Sepeda
motor listrik beroda tiga itu juga digunakan untuk menarik wagon penumpang.
Sepeda motor lain yang juga digunakan untuk menarik wagon adalah sepeda motor
Minerva buatan Belgia. Tidak mau kalah dengan pengendara mobil, pengendara
sepeda motor pun berupaya membukukan rekor perjalanan lintas Jawa dari Batavia
(Jakarta) sampai Soerabaja (Surabaya) yang berjarak sekitar 850 kilometer.
Pada awal tahun 1960-an, mulai
masuk pula skuter Vespa, yang disusul dengan skuter Lambretta pada akhir tahun
1960-an. Pada masa itu, masuk pula sepeda motor asal Jepang, Honda, Suzuki,
Yamaha, dan belakangan juga Kawasaki. Seiring dengan perjalanan waktu, sepeda
motor asal Jepang mendominasi pasar sepeda motor di negeri ini.
Dalam percobaan ini, tiga bahan akan digunakan
untuk menentukan perilakunya menurut Hukum Hooke, dua dalam batas elastis dan
satu dalam rentang plastis.
Peralatan yang dibutuhkan:
·
Klem
·
Bingkai /
Dudukan Cincin
·
Bahan
yang akan diuji (Musim Semi)
·
Misa yang
Dikenal
·
Aturan
Meter
·
Bagian
atas bahan yang akan diuji dipasang pada penjepit di bagian atas dan digantung
sejajar dengan aturan meteran.
·
Massa
yang diketahui melekat pada dasar material, menyebabkan material tergeser.
·
Perpindahan
material diukur menggunakan aturan meteran dan dicatat.
1. DATA DAN ANALISIS
Di bawah ini ditunjukkan pada gambar adalah hasil
yang dikumpulkan setelah melakukan percobaan dan menganalisis data. Dimana y1
adalah material 1, y2 adalah material 2 dan z adalah
material 3.
Tabel Hasil dan Analisis Data
2. FUNGSI DAN RUMUS YANG DIGUNAKAN
UNTUK MENGHITUNG Y2 DAN Z
*pada bagian ini OpenOffice
digunakan untuk menganalisis dan menghitung data*
dimana c = 0.2 (seperti yang diberikan pada lembar
data).
dimana a = 1.5583333333 (dihitung menggunakan
OpenOffice).
dengan b = 1,375 (dihitung menggunakan OpenOffice).
*Yang ditunjukkan pada Gambar 4 dan Gambar 5 adalah
grafik hasil diplot dengan garis tren.*
3. GAMBAR GRAFIK DENGAN GARIS TREN
YANG MEMPLOT MATERIAL Y1 DAN Y2 TERHADAP X
4. GAMBAR GRAFIK DENGAN GARIS TREN
YANG MEMPLOT Z TERHADAP X
Dari melihat
Gambar 4 , dimungkinkan untuk memperkirakan titik pertemuan y1 dan
y2 sebagai 2.30, 5.00
Dengan menyelesaikan
persamaan simultan, titik pertemuan yang tepat dari y1 dan y2
dihitung sebagai:
y1 = 1,5583x
+ 1,375
y2 = 2,0583x
+ 0,2
2,0583x +
0,2 = 1,5583x + 1,375
2,0583x -
1,5583x = 1,375 - 0,2
0,5x = 1,175
∴ x = 2,35
y = (a +
0,5) x + c
y = (1,5583
+ 0,5) * 2,35 + 0,2
∴ y = 5,037
Titik
pertemuan sebenarnya: 2.35, 5.037
5.
Contoh soal
Tiga pegas identik (k = 200 N/m) dan dua beban (massa masing-masing m = 0,5 kg) disusun seperti pada gambar. Pertambahan panjang total pegas adalah …
A. 4,0 cm
B. 5,0 cm
C. 6,0 cm
D. 7,0 cm
E. 8,0 cm
Jawab:
Kita bagi dua komponen pegas pada sistem tersebut, pertama komponen
pegas paralel yang terdiri dari dua pegas, kedua komponen pegas paling bawah.
Untuk komponen pegas pertama:
Pertambahan panjang pada komponen pertama, massa kedua benda dijumlahkan
untuk mencari gaya beratnya.
Untuk komponen pegas kedua:
Pertambahan panjang pada komponen kedua, gaya berat yang mempengaruhinya
hanya pada satu benda.
Jadi, total pertambahan panjang pada sistem:
Jika gaya gravitasi dianggap sebesar 10 m/s2,
maka total pertambahan panjang pada sistem tersebut sebesar 0,05 meter atau
sepanjang 5,0 cm (B)
摘要:
Suspensi, 即将各种弹簧的功能组合在一个房子里。如果没有系统,即使方向盘偏转,车辆仍将直线移动。通过添加弹簧和减震器,可以最大限度地减少这种效果。然而,这两个部件的硬度水平往往仍然难以设置适合各种道路条件.
1901年,威廉·汉弗莱斯创造了一个空气悬架系统。这种悬架系统的原则是用气垫代替钢弹簧,气垫可以在行走时灵活调整硬度水平。1952年,Citrüen推出了水性悬架系统。该系统类似于空气悬架,但不使用充满空气的橡胶垫作为弹簧。
自1893年或115年前,印度尼西亚就已出现摩托车。在这个国家,第一个拥有摩托车的人是英国人,即约翰·波特。约翰亲自命令电机到他在德国穆恩琴的工厂。摩托车于1893年被送往印度尼西亚。 1932年,这辆摩托车在约翰住所的车库里被发现损坏。约翰的摩托车被一名苏拉巴亚机械师修理,然后被带到苏拉巴亚的一家博物馆。
胡克的法律声音:
"如果给予弹簧的拉伸力不超过材料的弹性极限,则弹簧长度的增加与拉伸力成正比或可与拉伸力成正比"。这意味着,当您给出的样式可以超过弹性限制时,对象不能再返回到其原始形状。
________________; Hukum Hooke ; https://www.studiobelajar.com/hukum-hooke/
; tanpa tahun
________________; Kamu Harus Tahu, Inilah Sejarah Sepeda
Motor di Indonesia ; https://www.federaloil.co.id/detail/umum/09/18/5103-kamu-harus-tahu-inilah-sejarah-sepeda-motor-di-indonesia?p=all ; 2018
Jacob Ward ; Experimentally Proving Hooke’s Law
; http://www.jacobward.co.uk/experimentally-proving-hookes-law/
; 2013
NMAA Team ; Sejarah Air Suspension; http://nmaa.co.id/2017/04/sejarah-air-suspension/
; 2017
Ferdi Julias ; Jenis Suspensi Mobil yang Banyak
Digunakan Saat Ini ; https://www.seva.id/blog/jenis-jenis-suspensi-mobil-yang-banyak-digunakan-saat-ini/#:~:text=Nama%20suspensi%20mobil%20ini%20diambil,pusat%20sudut%20caster%20pada%20mobil.
; 2019
Komentar
Posting Komentar