Pegas pada Kendaraan Bermotor dari Masa ke Masa


oleh: Christabel / 5 , Griffin / 10 , Matthew / 15 , Veronica / 20 (XI.1)

       

Suspensi                                                                                                                                        

1. Penemu Suspensi

Suspensi berawal dari ide sederhana, yaitu menggabungkan kemampuan beragam per dalam satu rumah. Tanpa sistem suspensi di mobil, energi tumbukan antara roda dengan permukaan jalan akan diteruskan sepenuhnya ke seluruh struktur kendaraan. Bahkan ke tulang belakang penumpang. Kendaraan pun akan cenderung tetap bergerak lurus meski setir dibelokkan.

Efek tak menyenangkan itu dapat diminimalkan dengan ditambahkannya per dan peredam kejut. Sayangnya, tingkat kekerasan kedua komponen ini cenderung tetap, jadi sulit untuk dapat setingan pas untuk beragam kondisi jalan. Suspensi empuk nyaman di lintasan lurus, tapi bodi mobil jadi limbung saat melintasi jalan bergelombang atau ketika menikung. Sebaliknya, suspensi keras membuat kendaraan lebih stabil, tapi mengurangi kenyamanan penumpang. Memang ada per dan peredam kejut adjustable, tapi penyetelannya tak dapat dilakukan saat mobil berjalan

Di sinilah sejarah air suspension tercipta. William Humphreys pada tahun 1901 memberi solusi efektif dengan menciptakan sistem suspensi udara yang idenya ia dipatenkan. Prinsip sistem suspensi ini adalah menggantikan per baja dengan bantalan udara, yang dapat diatur tingkat kekerasannya secara fleksibel sambil berjalan.

Fleksibilitas membuat dua karakter suspensi yang sebelumnya saling bertolak belakang bisa akur dalam satu rumah. Suspensi udara juga memungkinkan mobil punya kemampuan auto levelling. Di mana bodi relatif tetap rata, saat kaki-kaki berjuang keras mengikuti kontur jalan. Bodi kendaraan juga tak mendongak saat bagian belakang mengangkut muatan ekstra.

Secara sederhana, per udara ini ibarat per sapu jagat yang menggabungkan kemampuan per konvensional dari tingkat sangat keras, hingga sangat lembut dalam satu paket.

Sejarah air suspension di tahun 1952, Citröen memperkenalkan sistem suspensi hidropneumatik. Sistem ini pada prinsipnya serupa dengan suspensi udara namun tak menggunakan bantalan karet berisi udara sebagai per. Sistem hidropneumatik dilengkapi hydractive sphere dengan bentuk seperti bola, yang di dalamnya separuh berisi gas nitrogen dan setengahnya lagi berisi oli hidrolik.Berbeda dengan suspensi udara biasa yang menggunakan kompresor udara bertenaga listrik, Citröen menggunakan pompa hidrolik terhubung dengan sabuk ke puli mesin untuk mengatur ketinggian kendaraan.

2. Jenis-jenis suspensi mobil

Jenis-jenis  suspensi mobil yang sering digunakan pada mobil jaman sekarang, ada baiknya untuk menyimak penjelasannya di bawah ini.

            Suspensi MacPherson Strut

        

 Nama suspensi mobil ini diambil dari nama penemunya, yaitu Earle MacPherson. Suspensi Macpherson memiliki posisi tegak lurus dan ditopang oleh sebuah peredam kejut (shockbreaker), yang sekaligus menjadi titik pusat sudut caster pada mobil.

  

          Suspensi Double Wishbone

Ciri yang paling menonjol dari suspensi double wishbone yaitu adanya dua buah arm(lengan) yang menopang sistem suspensi, yakni lower dan upper arm. Keunggulannya, suspensi ini membuat pengendalian mobil menjadi lebih optimal.

  

        Suspensi Multi-Link

     

Kalau tipe suspensi mobil yang satu ini merupakan pengembangan dari sistem suspensi double wishbone. Suspensi multi-link punya sistem konstruksi yang lebih rumit daripada double wishbone karena terdapat tiga lengan atau lebih.

 

 

    

Sejarah Masuknya Sepeda Motor ke Indonesia

Sepeda motor memiliki sejarah yang sangat panjang di negeri ini. Sepeda motor bahkan sudah hadir sejak negara ini masih berada di bawah pendudukan Belanda dan masih bernama Hindia Belanda, Nederlands Indie.

Data yang ada menyebutkan, sepeda motor hadir di Indonesia sejak tahun 1893 atau 115 tahun yang lalu. Walaupun pada saat itu negara ini masih berada di bawah pendudukan Belanda, akan tetapi orang pertama yang memiliki sepeda motor di negeri ini bukan orang Belanda, melainkan orang Inggris.  Orang tersebut adalah John C Potter, yang sehari-hari bekerja sebagai Masinis Pertama di pabrik gula Oemboel (baca Umbul) Probolinggo, Jawa Timur.

Dalam buku “Kreta Setan” (de duivelswagen) dikisahkan bagaimana John C Potter memesan sendiri sepeda motor itu ke pabriknya, Hildebrand und Wolfmüller, di Muenchen, Jerman. Sepeda motor itu didatangkan pada tahun 1893, satu tahun sebelum mobil pertama tiba di negara ini.  hal ini membuat John C Potter menjadi orang pertama di negeri ini yang menggunakan kendaraan bermotor. Sepeda motor buatan Hildebrand und Wolfmüller itu belum menggunakan rantai, roda belakang digerakkan secara langsung oleh kruk as (crankshaft). Sepeda motor itu belum dilengkapi persnelingnya, belum memakai magnet, aki (accu),  koil, dan kabel-kabel listrik.

Sepeda motor itu menyandang mesin dua silinder horizontal yang menggunakan bahan bakar bensin atau nafta. Diperlukan waktu sekitar 20 menit untuk menghidupkan dan mestabilkan mesinnya. Pada tahun 1932, sepeda motor ini ditemukan dalam keadaan rusak di garasi di kediaman John C Potter. Sepeda motor itu teronggok selama 40 tahun di pojokan garasi dalam keadaan tidak terawat dan berkarat. Atas bantuan montir-montir marinir di Surabaya, sepeda motor milik John C Potter itu direstorasi (diperbaiki seperti semula) dan disimpan di kantor redaksi      mingguan De Motor.

 

Kemudian sepeda motor antik itu diboyong ke museum lalu lintas di Surabaya, yang kini tidak diketahui lagi di mana lokasinya. Merek-merek sepeda motor yang hadir di negeri ini dapat dilihat dari iklan-iklan sepeda motor yang dimuat di surat kabar pada kurun waktu dari tahun 1916 sampai 1926. Pada masa itu, di negeri ini juga hadir sepeda motor listrik beroda tiga yang menggunakan tenaga baterai, yang bernama De Dion Bouton Tricycle buatan Perancis.  Sepeda motor listrik beroda tiga itu juga digunakan untuk menarik wagon penumpang. Sepeda motor lain yang juga digunakan untuk menarik wagon adalah sepeda motor Minerva buatan Belgia. Tidak mau kalah dengan pengendara mobil, pengendara sepeda motor pun berupaya membukukan rekor perjalanan lintas Jawa dari Batavia (Jakarta) sampai Soerabaja (Surabaya) yang berjarak sekitar 850 kilometer.     

Pada awal tahun 1960-an, mulai masuk pula skuter Vespa, yang disusul dengan skuter Lambretta pada akhir tahun 1960-an. Pada masa itu, masuk pula sepeda motor asal Jepang, Honda, Suzuki, Yamaha, dan belakangan juga Kawasaki. Seiring dengan perjalanan waktu, sepeda motor asal Jepang mendominasi pasar sepeda motor di negeri ini.

                                

 Cara Mendapatkan Hukum Hooke


Dalam percobaan ini, tiga bahan akan digunakan untuk menentukan perilakunya menurut Hukum Hooke, dua dalam batas elastis dan satu dalam rentang plastis.

 

Peralatan yang dibutuhkan:

·         Klem

·         Bingkai / Dudukan Cincin

·         Bahan yang akan diuji (Musim Semi)

·         Misa yang Dikenal

·         Aturan Meter

 

 

 langkah-langkah untuk setiap bahan yang diuji:

·         Bagian atas bahan yang akan diuji dipasang pada penjepit di bagian atas dan digantung sejajar dengan aturan meteran.

·         Massa yang diketahui melekat pada dasar material, menyebabkan material tergeser.

·         Perpindahan material diukur menggunakan aturan meteran dan dicatat.

 

1.      DATA DAN ANALISIS

 

Di bawah ini ditunjukkan pada gambar adalah hasil yang dikumpulkan setelah melakukan percobaan dan menganalisis data. Dimana y1 adalah material 1, y2 adalah material 2 dan z adalah material 3.

 

Tabel Hasil dan Analisis Data

 

  


                                                                                                    

                                                                                                                                                                  

2.      FUNGSI DAN RUMUS YANG DIGUNAKAN UNTUK MENGHITUNG Y2 DAN Z

*pada bagian ini OpenOffice digunakan untuk menganalisis dan menghitung data*                             

 



dimana c = 0.2 (seperti yang diberikan pada lembar data).

dimana a = 1.5583333333 (dihitung menggunakan OpenOffice).

dengan b = 1,375 (dihitung menggunakan OpenOffice).

 

 

*Yang ditunjukkan pada Gambar 4 dan Gambar 5 adalah grafik hasil diplot dengan garis tren.*

 

3.      GAMBAR GRAFIK DENGAN GARIS TREN YANG MEMPLOT MATERIAL Y1 DAN Y2 TERHADAP X

 


 

 

4.      GAMBAR GRAFIK DENGAN GARIS TREN YANG MEMPLOT Z TERHADAP X

 




Dari melihat Gambar 4 , dimungkinkan untuk memperkirakan titik pertemuan y1 dan y2 sebagai 2.30, 5.00

 

Dengan menyelesaikan persamaan simultan, titik pertemuan yang tepat dari y1 dan y2 dihitung sebagai:

 

y1 = 1,5583x + 1,375

y2 = 2,0583x + 0,2

 

2,0583x + 0,2 = 1,5583x + 1,375

2,0583x - 1,5583x = 1,375 - 0,2

0,5x = 1,175

x = 2,35

 

y = (a + 0,5) x + c

y = (1,5583 + 0,5) * 2,35 + 0,2

y = 5,037

 

Titik pertemuan sebenarnya: 2.35, 5.037

 

5.     Contoh soal



Tiga pegas identik (k = 200 N/m) dan dua beban (massa masing-masing m = 0,5 kg) disusun seperti pada gambar. Pertambahan panjang total pegas adalah …


A. 4,0 cm
B. 5,0 cm
C. 6,0 cm
D. 7,0 cm
E. 8,0 cm

 

 

Jawab:

Kita bagi dua komponen pegas pada sistem tersebut, pertama komponen pegas paralel yang terdiri dari dua pegas, kedua komponen pegas paling bawah.

 

Untuk komponen pegas pertama:

 


 

Pertambahan panjang pada komponen pertama, massa kedua benda dijumlahkan untuk mencari gaya beratnya.

 

 

                                           

Untuk komponen pegas kedua:

 

 


Pertambahan panjang pada komponen kedua, gaya berat yang mempengaruhinya hanya pada satu benda.

 


Jadi, total pertambahan panjang pada sistem:

 

 


Jika gaya gravitasi dianggap sebesar 10 m/s2, maka total pertambahan panjang pada sistem tersebut sebesar 0,05 meter atau sepanjang 5,0 cm (B)

 

 

摘要:

            Suspensi, 即将各种弹簧的功能组合在一个房子里。如果没有系统,即使方向盘偏转,车辆仍将直线移动。通过添加弹簧和减震器,可以最大限度地减少这种效果。然而,这两个部件的硬度水平往往仍然难以设置适合各种道路条件.

            1901年,威廉·汉弗莱斯创造了一个空气悬架系统。这种悬架系统的原则是用气垫代替钢弹簧,气垫可以在行走时灵活调整硬度水平。1952年,Citrüen推出了水性悬架系统。该系统类似于空气悬架,但不使用充满空气的橡胶垫作为弹簧。

            1893年或115年前,印度尼西亚就已出现摩托车。在这个国家,第一个拥有摩托车的人是英国人,即约翰·波特。约翰亲自命令电机到他在德国穆恩琴的工厂。摩托车于1893年被送往印度尼西亚。 1932年,这辆摩托车在约翰住所的车库里被发现损坏。约翰的摩托车被一名苏拉巴亚机械师修理,然后被带到苏拉巴亚的一家博物馆。

胡克的法律声音:

"如果给予弹簧的拉伸力不超过材料的弹性极限,则弹簧长度的增加与拉伸力成正比或可与拉伸力成正比"。这意味着,当您给出的样式可以超过弹性限制时,对象不能再返回到其原始形状。

 

           


 

                                 


DAFTAR PUSTAKA

 

________________; Hukum Hooke ; https://www.studiobelajar.com/hukum-hooke/ ; tanpa tahun

 

________________; Kamu Harus Tahu, Inilah Sejarah Sepeda Motor di Indonesia ; https://www.federaloil.co.id/detail/umum/09/18/5103-kamu-harus-tahu-inilah-sejarah-sepeda-motor-di-indonesia?p=all ; 2018

Jacob Ward ; Experimentally Proving Hooke’s Law ; http://www.jacobward.co.uk/experimentally-proving-hookes-law/ ; 2013

 

NMAA Team ; Sejarah Air Suspension; http://nmaa.co.id/2017/04/sejarah-air-suspension/ ; 2017

 

Ferdi Julias ; Jenis Suspensi Mobil yang Banyak Digunakan Saat Ini ;  https://www.seva.id/blog/jenis-jenis-suspensi-mobil-yang-banyak-digunakan-saat-ini/#:~:text=Nama%20suspensi%20mobil%20ini%20diambil,pusat%20sudut%20caster%20pada%20mobil. ; 2019

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGGUNAAN PEGAS PADA KENDARAAN BERMOTOR DARI MASA KE MASA

Pengaruh Pandemi bagi Perekonomian Indonesia

Penggunaan Pegas pada Kendaraan Bermotor dari Masa Ke Masa