Tugas lintas mapel ଘ( ᐛ ) ଓ
Tugas Lintas Mapel
Kelompok: Andrew(2), chrysant(7), Kent(12), Owen(17)
Pegas Pengertian
Pegas adalah suatu komponen yang berfungsi untuk menerima beban dinamis. Pegas memiliki sifat keelastisan. Elastis adalah sifat dari benda yang cendrung kembali kekeadaan semula setelah mengalami perubahan bentuk karena mendapat gaya dari luar,tekanan, dan drorongan. Dalam kehidupan sehari hati pegas sering digunakan, seperti jam tangan,spring bed,dan pegas motor.
Pegas pada umumnya terbuat dari baja. Pegas biasanya akan bertambah pendek jika diberi gaya, dari sini dapat dicarn konstanta pegas secara statis. Dalam hal lain, ketika pegas diberi usikan, maka sistem akan mengalami getaran. Dari waktu getaran dapat dihitung periade dan dari periode dapat dihitung konstanta pegas secara dinamis. Konstanta pegas adaiah besarnya gaya yang dibutuhkan atau yang harus dibenikan sehingga lerjadi perubahan panjang sehesar satu satuan panjang. Satuan SI untuk konstanta pegas adalah N/m. Sebuah gaya. Pemulih yang ditimbulkan oleh sebuah pegas ditentakan. oleh Hukum Hooke. Hukum Hooke adalah hukum atau ketentuan mengenai gaya dalam ilmu fisika yang terjadi karena sifat elastisitas suatu pegas. antara gaya (F) yang meregangkan pegas dan pertambahan panjang pegas-(Ax)..di daerah yang ada dalam batas kelenturan adalah,
F=k∆x
Rumus Turunan
dy/dx Ep = dy/dx . 1/2 . k . x2
dy/dx . F . x = 1/2 . k . dy/dx . x2
F = 1/2 . k . 2x
F = k . x
Rumus Konstanta Pegas
Untuk mencari konstanta pegas dapat dicari menggunakan cara statis dan dengan cara dinamis. Suatu pegas yang digantungkan mempunyai nilai konstanta pegas k, yang merupakan besar gaya tiap pertambhan panjang (∑▒∆) sebesar satuan oanjang. Maka jika kita tarik dengan F tangan, maka pada pegas akan terjadi gaya pegas (Fp) yang arahnya berlawanan dengan arah gaya (∑▒F) . Dan hal ini sesuai dengan Hukum Hooke, dimana:
Fp=-k.∆
K merupakan konstanta pegas dan dapat dicari menggunakan persamaan
K=F/(∑▒∆) =(m.g)/(∑▒∆)
K=konstanta pegas (N/m)
F=gaya pada pegas (N/m)
∑▒∆= Pertambahan panjang pegas (m)
Penemu Suspensi Pada Mobil
William Humphreys pada tahun 1901 memberi solusi efektif dengan menciptakan sistem suspensi udara yang idenya ia dipatenkan.Prinsip sistem suspensi ini adalah menggantikan per baja dengan bantalan udara, yang dapat diatur tingkat kekerasannya secara fleksibel sambil berjalan.
Sistem suspensi merupakan salah satu sistem pada kendaraan yang bertujuan untuk menciptakan performa kendaraan yang maksimal, yaitu dengan menyerap oskilasi, getaran, dan kejutan yang diakibatkan oleh permukaan jalan yang tidak rata serta Saat ini, terdapat dua jenis sistem suspensi yang digunakan, yaitu sistem suspensi rigid (dependent) dan sistem suspensi Independent. Sistem suspensi rigid (dependent) lebih banyak digunakan pada mobil-mobil dan kendaraan niaga seperti colt, truck, bus, dan lain-lain karena dianggap lebih tahan terhadap beban dan Sedangkan sistem suspensi independent lebih banyak digunakan pada kendaraan-kendaraan penumpang seperti sedan, suv, mpข, dan lain sebagainya. Sistem suspensi independent memberikan tingkat kenyamanan yang lebih baik daripada sistem suspensi rigid.
Sistem suspensi diletakkan di antara roda-roda
dan bodi kendaraan. Umumnya, sistem suspensi
terdiri dari 3 (tiga) komponen utama yaitu pegas
(spring), peredam kejut (shock absorber) dan
lengan suspensi (suspension arm).
Beberapa tipe pegas yang digunakan pada sistem suspensi:
*Pegas ulir (coil spring), dikenal juga dengan nama 'per keong', jenis yang digunakan adalah pegas ulir tekan atau pegas ulir untuk menerima beban tekan.
*Pegas daun (leaf spring), umumnya digunakan pada kendaraan berat atau niaga dengan sistem suspensi dependen.
*Pegas puntir atau dikenal dengan nama pegas batang torsi (torsion bar spring), umumnya digunakan pada kendaraan dengan beban tidak terlalu berat
E. Masuknya Mobil Dan Motor Pertama Di Indonesia
John C Potter merupakan orang pertama di Hindia Belanda yang memiliki dan merasakan berkendara di atas sepeda motor sebelum mobil pertama mencium jalan –jalan di Jawa.
Ia memesan sepeda motor Hildebrand und Wolfmuller, langsung dari pabriknya di Munchen, Jerman. Setelah menunggu dengan sabar, John akhirnya menerima sepeda motornya pada 1893. Itulah untuk kali pertama sebuah sepeda motor menapaki tanah di Jawa.
Ia memesan sepeda motor Hildebrand und Wolfmuller belum menggunakan rantai, belum menggunakan perseneling, belum menggunakan magnet, belum ada aki, belum menggunakan koil, dan belum ada kabel-kabel listrik.
John C Potter harus memanaskan mesin motornya. Sebelumnya cairan spiritus dituang dibagian blok mesin, dan lalu api pun menyala. Mesin menjadi panas dan motor pun mudah dihidupkan.
Mobil pertama hadir di Jawa baru datang setahun setelahnya. Namun, mobil pertama yang hadir di Jawa hanya berselang setelah delapan tahun mobil pertama di dunia, lahir di Jerman pada 1886. Mobil bermerek Benz Viktoria mendarat di Pelabuhan Semarang, Jawa Tengah, yang dikapalkan langsung dari Jerman. Sang pemilik Pakoe Boewono X harus merogoh kocek hingga 10.000 gulden untuk merasakan sensasi mobil yang menggendong mesin 2000 cc itu.Mobil ini dapat menampung 6 penumpang. Namun mesin mobil ini harus dihentikan setiap saat untuk dilumasi secara manual. Dan untuk
menyalakan mesin mobil, flywheel harus ditarik kuat.
F. Jurnal Hukum Hooke
Alat dan bahan:
NO. Berat beban / W (N) ΔF = (W – Fo) N l (m) Δl = (l – lo) m
1. 0,5 0 169 x 10-3 0
2. 1,0 0,5 234 x 10-3 65 x 10-3
3. 1,5 1 318 x 10-3 149 x 10-3
4. 2,0 1,5 391 x 10-3 228 x 10-3
5. 2,5 2,0 480 x 10-3 311 x 10-3
6. 3,0 2,5 557 x 10-3 38810-3
Langkah-langkah Percobaan
Setelah seluruh alat dan bahan disiapkansesuai daftar di atas, maka:
1) Merakit statif sesuai gambar.
2) Memasang balok penahan pada batang statif.
3) Memasang jepit penahan pada balok penahan dan menggantung pegas spiral.
4) Kemudian 1 beban (W = 0,5 N) pada pegas sebagai gaya awal (Fo).
5) Mengukur pajang awal (lo) pegas dan mencatat hasilnya pada tabel di bawah.
6) Menambahkan 1 beban dan mengukur kembali panjang pegas (l). Mencatat hasil pengamatan ke dalam tabel.
7) Mengulangi langkah 3 dengan setiap kali menambah 1 beban untuk melengkapi tabel.
Data
lo = 169 x 10-3 m; Fo = 0,5 N
Pengolahan Data:
1) Gambar grafik pertambahan panjang pegas terhadap penambahan gaya
2) Dari grafik tentukan tetapan pegas
G. Kesimpulan
结论:弹簧是机械能储存的弹性物体的一个组成部分。/这些弹簧通常是用钢做的。
弹簧对日常生活非常有用,比如制作弹簧床,汽车减震器,用来装重物等等。
霍克定律是关于物理中因一个或一个弹簧的弹性而发生的力定律或条文。
霍克定律是罗伯特·霍克提出的一个思想,他研究了作用在弹簧其他弹性物体上的力之间的关系,以便使物体回到原来的形状或不超过它的弹性极限。
胡克定律指出,作用在物体上的力的大小与物体长度增加成正比。
这当然适用于弹性好的物体(能伸缩)。
因此,悬挂的目的是更换钢弹簧,使钢弹簧的硬度能够灵活调整。 然后,它被用来减少冲击,例如当汽车通过高速碰撞时,不会发生过度的冲击。
Daftar Pustaka
Sumber:
1.https://www.academia.edu/25039680/Jurnal_Tetapan_Pegas_Praktikum_Fisika_Dasar_1
2. https://tirto.id/mereka-yang-pertama-menunggangi-kereta-setan-cmgW
4. https://www.gurupendidikan.co.id/hukum-hooke/
References:
Bitar. (2020, Juni). Hukum Hooke: Pengertian, Aplikasi, Bunyi, dan Rumus Beserta comtoh lengkapnya.
materi-forever. (2013, November). Praktikum Pembuktian Hukum Hooke.
Rachma, P. A. (2015, December). Jurnal Tetapan Pegas Praktikum Fisika Dasar 1. Jurnal Fisika Dasar.
Suhendra. (2017, Aptil). Mereka yang pertama kali menunggangi kereta setan.
Team, NMAA(2017, April). Sejarah Air Suspension.
Komentar
Posting Komentar